Kamis, 19 Agustus 2010

Makassar Blogshop PK Identitas Unhas

Juni, 2010

Jika dilihat dari perkembangan tiap tahun, jumlah pengguna blog semakin meningkat. Di Indonesia, dari sekira 25 juta pengguna internet, ada sekira satu juta orang yang menggunakan fasilitas blog di tahun 2009. Jumlah ini tentu saja akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan perkembagan teknologi informasi.

Penggunanya pun tidak terbatas hanya golongan muda dan golongan eksekutif saja, tapi kini telah merambah ke segala aspek kehidupan. Kebanyakan para blogger (pengguna blog) menggunakan blog untuk menampung unek-unek dan ide-ide kreatif mereka, ada yang memanfaatkan blog untuk mencari teman, dan ada juga yang mencari duit lewat blog dan banyak lagi mamfaat lainnya. Malah, kini banyak hasil-hasil tulisan blog yang telah diterbitkan menjadi sebuah buku. Salah satu contohnya, buku karya Raditya Dika.

Dengan adanya blog juga akan semakin memacu masyarakat Indonesia untuk terus menulis dan memberikan informasi-informasi ter-update yang ada di sekitarnya. Sehingga, Indonesia akan semakin kaya dengan informasi.
Namun dari sekian banyak mamfaat yang akan di peroleh dari nge-blog, ternyata masih banyak yang belum tahu dan belum menggunakan fasilitas ini. Mereka mungkin tahu bahwa ada aplikasi blog tapi tidak ada minat untuk ikut andil dalam kegiatan “blogging”. Indikasinya dapat dilihat dari jumlah pengguna blog yang hanya 0,4 persen dari jumlah pengguna internet. Jumlah ini tentu saja sangat minim.

Jika dilihat dari pantauan sekilas, beberapa persoalan kenapa penulis blog masih minim karena, pertama, sosialisasi penggunaan blog dan mamfaat blog masih belum menyeluruh, kedua, pemahaman tentang blog masih minim, ketiga, sulitnya bagi para bloger pemula untuk menemukan ide tulisan dan menulis cepat, keempat, terkadang para calon bloger ataupun bloger pemula tidak mengupdate tulisannya sehingga blog yang sudah ada dibiarkan “mati”.

Melihat hal itu, Penerbitan Kampus identitas Universitas Hasanuddin Makassar, sebagai salah satu media penerbitan kampus tertua yang ada di Indonesia, merasa harus ikut andil dalam perkembangan teknologi informasi dan memasyarakatkan penggunaan blog dengan menggagas sebuah workshop blog (blogshop).
kegiatan ini akan diadakan pada hari Sabtu, 12 Juni 2010 yang bertempat di Ruang Library Onlkaine Perpustakaan Unhas. kegiatan ini akan dihadiri oleh admin kompasiana.com, ketua blogger makassar, serta koordinator liputan Online Tribun timur.

so, jangan ketinggalan, buruan ikutan…

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...