Selasa, 17 November 2015

Banting Setir Jadi Account Officer BRI


AAO Angkatan 19 2015 BRI
Sudah lama rasanya saya tidak menyapa para pembaca setia blog Hery’s World. Sudah hampir satu tahun tidak memuat tulisan di blog ini. Dan cerita yang akan saya share kali ini adalah posisi jabatan yang saya duduki sekarang di BRI yaitu Accoun Officer. Yah.. jadi Account Officer. Dari tulisanku sebelumnya saya pernah memuat tulisan tentang “Being Mantri BRI”. Sebenarnya Mantri dan AO adalah sama-sama marketing dan menjadi andalan di setiap perusahaan.
Marketing dan analisis kredit mikro atau sering disebut Mantri adalah tenaga marketing yang ada di bagian Mikro BRI. Mantri BRI saat ini tidak hanya mengurusi bagian kredit tapi juga simpanan. Memilih untuk bergabung di dunia ritel menjadi pilihan yang sangat sulit saya lakukan. Bukannya saya tidak mencintai dunia mikro dengan berbagai nasabah dari kalangan menengah kebawah tapi saya harus bisa mengembangkan diri saya untuk benar-benar menjadi konsultan bagi nasabah baik dari segi mikro maupun ritel. Posisi mantri sudah sangat menjanjikan jenjang karier yang bagus. Namun atas dorongan dari berbagai pihak maka saya mencoba menantang diri saya untuk bisa menaklukkan pekerjaan sebagai AO.
Foto di Dalam Laboratorium Komputer PUSDIKLAT BRI Ragunan
Menjadi AO memang merupakan suatu gengsi tersendiri, akan tetapi menjadi seorang AO juga membutuhkan ketrampilan yang sangat kompleks, mengingat seorang AO harus menguasai kemampuan marketing / sales sekaligus analisis kredit yang cukup matang. Sama seperti mantri, namun nasabah yang dihadapi kali ini adalah nasabah dari kalangan menengah keatas. Disamping itu seorang AO juga harus bisa memperhitungankan tingkat resiko yang akan / kelak terjadi sekaligus tingkat pengembalian / pembayaran.
Para Mantri Polewali yang Jadi AO sekarang.
Awalnya saya ragu untuk memulai pekerjaan jadi AO. Mulai dari menjalani pendidikan di PUSDIKLAT BRI di Ragunan, saya sudah merasa bahwa pekerjaan sebagai mantri sangat berbeda jauh dengan AO. Mulai dari analisis keuangannya sampai dengan tahap-tahap survey sampai dengan pencairannya. Namun itu menjadi tantangan bagi saya. Sampai saat ini saya sudah bekerja selama 3 bulan menjadi AO BRI Kantor Cabang Polewali dan saya sangat menikmati dan berharap target saya tercapai dan bisa mendapatkan karier yang lebih baik lagi.
Dari Kiri Ke Kanan; Gisman (Polewali, Makassar), Haveb (Pekanbaru), Hery Pasaribu (Polewali, Makassar), Zulkarnaen (Palembang)
Menjadi AO telah membuka mata saya. Mulai dari banyaknya masyarakat yang sebenarnya tidak memperdulikan hidupnya dengan tidak "menyiapkan" simpanan mereka untuk beberapa tahun kedepan atau bahkan hanya untuk beberapa hari kedepan. Sehingga sebagai konsultan saya dapat memberi saran yang bagus bagi mereka. 
Foto Di Depan PUSDIKLAT. Yang Paling belakang Bang ANgga dari Pekanbaru
Sebagai marketing baik itu Mantri atau AO adalah pekerjaan yang sangat baik dan menantang untuk dijalani. Apalagi kita bisa terjun langsung ke lapangan dan merasakan kesusahan masyarakat dan bagaimana mereka berusaha untuk memajukan usaha mereka. Semoga saya bisa menjadi AO yang baik dan bisa menjadi terang bagi masyarakat Polewali dan sekitarnya.

Polewali, 16 November 2015

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Aku minggu ini ada interview awal di kanwil surabaya bang,bagi2 tips2nya bg

Anonim mengatakan...

Dan sepertinya aku kenal bg ini,saudara kandungnya bg anggi pasaribu

Hery Pasaribu mengatakan...

iya saya abangnya anggi dek

dedhy.dhono mengatakan...

Istri saya AO Briguna, beberapa hari ini katanya sepi nasabah dan banyak maslah tunggakan kredit
Saya kwatir akan mentalnya, mohon sharing nya dong seberapa gawatkah permasalahan yg timbul sebagai AO dan hal-hal apa yg mungkin terjadi klo tidak mencapai target selain hasil seperti bonus dll

Unknown mengatakan...

Saya ao bri kediri. Saya perempuan yg justru masuk ao ritkom yg jauh lebih berat daripada ao briguna. Intinya buatlah alam bawah sadar istri anda kalau pekerjaan itu ibadah. Lakukan yg terbaik sesuai kemampuan. Dan jangan main main dengan fraud atau penggunaan uang perusahaan. Isnya allah sisanya tetap menyenangkan meskipun kadang dimarahi pinca dan pinwil. 😀

Ao grade 6 mengatakan...

Aku cinta BRI, tapi aku harus meninggalkanmu, kulepas jabatan AO ku, demi keyakinanku,

Unknown mengatakan...

ao ritkom dan ao briguna bri itu tugas dan tangung jawabnya apa ya? tolong kasih tau, pengen tau kerjanya gimana :)

Akhmad junaedi mengatakan...

Ko pengajuan pinjaman kredit bri kur lama yah padahal mantri udah survai apa persyaratanya kurang atau gimana.trs yg jadi mantri brinya juga susah di hubungin.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...