Selasa, 24 Juni 2014

BRI Cabang Polewali, Melayani dengan Setulus Hati


Kabupaten Polewali terletak sekitar 260 KM dari kota Makassar. Kabubapaten ini terletak di wilayah paling barat di Sulawesi, yang biasa dikenal dengan Sulawesi Barat atau Sulbar. Dulu, polewali tergabung dengan Sulawesi Selatan. Tapi karena ada pemekaran makanya polewali memisahkan diri. 
 
Berfoto Bersama Pinca BRI Polewali, Rory Lumban Toruan
Okey, cukup sudah penjelasan mengenai kabupaten polewali. Dalam postingan saya sekarang ini, saya ingin membahas salah satu Bank yang ada di Polewali yaitu Bank BRI. Saya kurang tahu pasti sejak kapan BRI ada di polewali tapi yang jelas BRI sudah melayani nasabah disini sejak tahun 70-an. Saat ini BRI Polewali sudah menjadi Cabang besar. Cabang ini terletak di pusat kota Polewali yaitu di Jalan Ahmad Yani.  Kenapa besar? Yah, Karena cabang Polewali membawahi 2 (dua) kabupaten yaitu Kabupaten Mamasa dan Kabupaten polewali.
 
Foto bersama saat pelepasan pegawai an Sulaiman Abdullah dan Adhy (ADK)
Mamasa pernah bergabung dengan kabupaten Polewali. Sekitar tahun 2002 atau 2003 Mamasa berdiri sendiri menjadi Kabupaten Mamasa.  Namun, pemisahan ini tidak berdampak pemisahan Bank BRI. Dikarenakan BRI di Mamasa belum layak dijadikan cabang karena untuk menjadi sebuah cabang besar memiliki persyaratan yang mana Mamasa belum mampu untuk itu. 
 
Berfoto di Puncak pegunungan Kecamatan Nosu
Saat ini (2014, red) BRI Polewali dipimpin oleh seorang putra Batak yaitu Rory Lumban Toruan. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Pemimpin Cabang Pembantu di Pulau Jawa. Karena kepintaran dan keahlian bapak yang satu ini makanya beliau diangkat jadi Pemimpin Cabang di Polewali. Sekedar info saya bertemu dengan sesama orang batak disini (hehe). 

BRI Cabang Polewali saat ini memiliki 8 kantor unit yang tersebar di 2 kabupaten dan memiliki 2 kantor cabang pembantu.  Kabarnya, sebentar lagi BRI Cabang Polewali akan membuka satu unit lagi di Kecamatan mambi, Kabupaten Mamasa. 
 
Foto saat FPK di Kecamatan Nosu
Okey, saat ini saat ini saya akan membahas satu persatu kantor unit sekaligus cabang pembantu yang ada di Polewali. 

1. BRI Unit Mamasa
Saya mau memulai dari BRI yang berada di pegunungan Mamasa. Sepertinya pembaca sudah tidak asing lagi dengan kantor ini. Betul sekali beberapa tulisan saya telah membahas tentang kantor yang satu ini. BRI Unit Mamasa berada di pusat kota Mamasa. Bank ini merupakan primadona di Mamasa karena BRI unit yang satu ini menjadi satu-satunya Bank BRI yang ada di Mamasa yang menangani bisnis Mikro. Tapi, sebagian Pegawai BRI di Polewali enggan untuk ditempatkan disana  karena kondisi jalan yang rusak parah dan dinginnya kota Mamasa.

2. BRI Cabang Pembantu Mamasa
Pasti pembaca berpikir apa bedanya BRI Cabang pembantu dengan BRI Unit. Sebenarnya fungsi dan peruntukannya sama Cuma yang membedakan adalah Cabang Pembantu itu replika dari Cabang BRI utama yang lain. Hanya Cabang pembantu ini lebih kecil dibandingkan Cabang utama dan lebih besar dari BRI Unit. Selain itu dari sisi penjualan kredit, BRI cabang pembantu melayani kredit diatas 100 juta tidak sama dengan BRI unit yang hanya melayani kredit sampai 100 juta saja. BRI Cabang Pembantu Mamasa terletak tidak jauh dari BRI Unit Mamasa. Masing-masing punya nasabah tersendiri. Tinggal nasabahnya saja yang mau memilih sesuai hati nurani. Hehe

3. BRI Unit Sumarorong
Masih dari pegunungan Mamasa, BRI unit sumarorong terletak sekitar 25 KM dari kota polewali. Dekat sih cuma seperti yang saya katakan bahwa jalan ke Kabupaten Mamasa itu penuh perjuangan. Unit yang satu ini juga sedang mempersiapkan salah satu teras yang ada di Kecamatan Nosu. 

4. BRI Unit Polewali
Kita kembali ke daerah pesisir pantai yang terletak di kota Polewali. BRI unit Polewali terletak di pusat kota Polewali. Tepatnya di pasar baru Polewali. Unit ini memiliki mobil teras keliling. Mobil teras BRI ini berfungsi untuk memudahkan para nasabah untuk bertransaski tanpa harus mengantri ke kantor. Kabarnya BRI unit Polewali akan memiliki teras tetap yaitu teras di kecamatan Binuang. Sehingga mobil terasnya akan diberikan kepada BRI Unit campalagian (lucky me). 

5. BRI Unit Darma
BRI unit ini masih terletak di Polewali. Tapi kantornya terletak di Pasar Sentral pekabata. BRI yang satu ini juga memiliki satu teras yang terletak di dalam pasar sentral. 

6. BRI Unit Sidodadi
Kita beralih ke kecamatan Wonomulyo. Disini ada 3 (tiga) BRI yang menetap dengan sukses. Pasalnya pusat perekonomian yang ada di kabupaten polewali terletak di Wonomulyo. Bank lain pun banyak yang mencoba peruntungan di kota ini. Walaupun tidak banyak juga yang gulung tikar karena persaingan ketat di kota ini. BRI unit Sidodadi terletak di kelurahan Sidodadi dan memiliki satu teras di kecamatan Pelitakang. 

7. BRI Unit Bumiayu
Sama seperti Sidodadi BRI ini juga terletak di Wonomulyo tapi BRI ini lebih dekat dengan pasar yaitu di pasar ikan. BRI ini juga memiliki satu teras di dalam pasar. 

8. BRI Cabang Pembantu Wonomulyo
Sama seperti BRI Cabang pembantu Mamasa. BRI disini datang sebagai Bank pesaing dari bank lain yang menawarkan kredit lebih besar di kantornya. Tidak sia-sia, sepertinya BRI ini juga telah menjadi primadona di wonomulyo, terbukti dengan keragaan kantor BRI yang satu ini selalu diatas rata-rata.

9. BRI Unit Luyo
BRI ini terletak di Kecamatan Luyo atau orang Polewali selalu menyebutnya dengan nama Mapilli. Wilayah kerja unit ini juga sangat menantang. Seperti tutar, tubi, dll. Kata orang-orang wilayah kerja BRI Luyo ini merupakan supercopy dari wilayah kerj BRI Unit Mamasa dan Sumarorong.

10. BRI Unit Campalagian
BRI unit terakhir yang berada di pesisir pantai terletak di kecamatan Campalagian. Sekarang ini saya menjadi salah satu personil di kantor ini yang menjabat sebagai Marketing dan Alisis Kredit Mikro (Mantri). Unit ini juga memiliki wilayah kerja yang cukup luas. Kabarnya, sebentar lagi unit ini akan memilik satu teras keliling yang akan migrasi dari unit Polewali. Kantornya terletak di dekat pasar Campalagian. 

Itulah sekilas gambaran tentang BRI cabang Polewali. Kami telah tersebar di pelosok Kabupaten Polewali dan Kabupaten Mamasa. Jika anda perlu tinggal datang saja ke BRI terdekat Karena kami melayani anda dengan setulus hati. 

Ditulis di BTN Villa Mas, Cendrawasih
Selasa, 24 Juni 2014

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Sukses trus untuk BRI Cabang Polewai. Semoga semakin dekat dengan nasabah dan mampu memjadi Bank pesaing yang unggul. Good Luck juga buat pegawainya. semoga semakin ramah dan bersahabat kepada para nasabah... salam dr Peg BRI di Makassar namun asli Mandar.

junedi mengatakan...

mau tanya. BRI Cabang Polewali bisa buat TELEGRAPIC TRANFERS??

Hery Pasaribu mengatakan...

bang @junedi .. untuk di Polewali sendiri belum ada telegraphic transfer..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...