Kamis, 23 Desember 2010

10 Jurusan paling dicari di Unhas


Berikut adalah beberapa Jurusan yang paling dicari dan diidamkan di Universitas Hasanuddin (Unhas). Kenapa Unhas? Karena Unhas merupakan universitas terbesar di Indonesia Timur. Jadi jangan heran jika Indonesia Timur selalu di identikkan dengan Unhas. Tidak usah panjang lebar karena kalau panjang itu bibirnya Tukul Arwana.hhe…

1. Jurusan Kedokteran Umum
Kalau jurusan yang satu ini adalah jurusan idaman segala umat. Para siswa tidak berpikir jauh untuk memilih jurusan ini. Mereka tidak memikirkan begitu banyak saingan jika terlanjur memilih jurusan ini. Katanya sih “Unhas, kedokterannya jie”

2. Jurusan Kesehatan Masyarakat
Masih didominasi oleh kalangan exact. Kali ini adalah Fakultas Kesehatan Masyrakat. Ini juga menjadi incaran calon Mahasiswa Baru (Maba) jika hendak melakukan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
3. Fakultas Hukum
Fakultas Hukum merupakan fakultas yang memiliki akreditasi A. Walaupun pengacara-pengacara lulusan Unhas belum setenar pengacara lulusan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan.

4. Jurusan Ekonomi
Jurusan tertua di Unhas ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan Maba. Kenapa tidak, lulusan dari FEKON ini diiming-imingi menjadi karyawan, walaupun sedikit tidak menjanjikan.

5. Jurusan Agroteknologi
Jurusan Agroteknologi ini berada di Fakultas Pertanian. Jurusan ini memang terbilang baru. Namun jurusan ini mampu memikat 10.000 maba pada SNMPTN 2010 ini. Jadi tidak salah lagi jika jurusan ini mendapat predikat sebagai 5 jurusan paling diidamkan di Unhas.

6. Jurusan Teknik Arsitektur
Dari Pertanian, kita beralih ke Fakultas Teknik. Teknik Arsitektur merupakan jurusan paling tingggi gradenya di teknik. Iming-iming arsitek menjadi magnet bagi calon maba untuk meilih jurusan ini.

7. Jurusan Kedokteran Gigi
Sayang, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) berada di urutan ke 7. Pamor jurusan ini semakin merosot. Bahkan sebuah media di Koran kampus Unhas mengatakan kalau FKG semakin di-anak-tiri-kan oleh birokrasi karena rektorat lebih condong ke FK nya saja. Sementara peralatan laboratorium serta tempat praktek mereka semakin punah. Namun, nama Kedokteran Gigi ini sedikit lebih menjual untuk kalangan siswa.

8. Jurusan Farmasi
Ingin menjadi calon Apoteker, bergabunglah di Fakultas Farmasi. Meski baru 3 tahun memisahkan diri dari Fakultas MIPA, namun Fakultas Farmasi mampu berdiri sendiri dan tak mau kalah dengan fakultas yang lain. Walaupun dalam beberapa tahun terakhir ini terjadi incident kebakaran di farmasi, itu tidak membuat fakultas farmasi menjadi down. Malah mereka semakin genjar mencari donator dan buktinya farmasi masih masuk 10 nominasi dari ratusan jurusan di Unhas.

9. Jurusan Ilmu Komunikasi
Dunia broadcasting, itulah icon dari jurusan ini. Ilmu komunikasi semakin dikenal karena aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang berdampak positif bagi mahasiswa, masyarakat, dan juga dosen. Mereka sering melakukan kunjungan media demi memperdalam ilmu yang didapat.

10. Jurusan Teknik Elektro
Jurusan yang masuk nominasi 10 jurusan yang paling diidamkan adalah jurusan Teknik Elektro. Jurusan ini juga memiliki grade yang tinggi dan tidak tahu kenapa banyak yang ingin terjun kedunia elekronik.

Itulah 10 jurusan yang paling dicari dan diidamkan di Unhas. Jika ada hal-hal yang tidak sesuai di hati anda. Sekali lagi saya katakan bahwa ini adalah subjektif penulis semata.        

3 komentar:

Anonim mengatakan...

pakai surveinya siapa ini>>??

Roy mardanus mengatakan...

Beuh,, sastra inggris gak ada k???
Masa ia, agroteknologi peminatx 10rb???

Anonim mengatakan...

wah jaman saya dulu (akhir 90an) arsitek passing gradenya masih rendah,..rata rata buat pilihan kedua.. yang paling tinggi passing gradenya yaitu kedokteran elektro, civil dan akuntansi,farmasi....
beberapa jurusan dipertanian waktu itu malah peminat lebih sedikit dari quota jadi padti masuk..he2...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...